20 Cara Mengobati Badan Meriang Secara Alami dan Aman

 On Minggu, 24 September 2017  

Carakupunya20 Cara Mengobati Badan Meriang Secara Alami dan AmanMeriang sangat memengaruhi aktifitas kita sehari-hari. Apabila tubuh sudah terserang, tubuh jadi tidak berdaya. Implikasinya adalah ketidak mampuan menjalankan rutinitas kita sehari-hari. Pengaruhnya bukan hanya terhadap tubuh tapi juga terhadap sektor-sektor kehidupan kita yang lain. Mengingat betapa signifikannya akibat yang bisa ditimbulkan, berikut kami berikan 20 cara mengobati badan meriang secara alami dan aman.

20 Cara Mengobati Badan Meriang Secara Alami dan Aman


20 Cara Mengobati Badan Meriang Secara Alami dan Aman



1. Air Dingin
Rendam kain di air keran yang dingin, peras air berlebih dan kemudian pada area spons seperti ketiak, kaki, tangan dan selangkangan anda untuk mengurangi suhu.

Juga, anda bisa meletakkan lap basah yang dingin dan lembab di dahi dan bagian belakang leher anda. Potongan kain harus diganti secara teratur setelah beberapa menit. Obat ini bermanfaat saat menghadapi meriang tinggi karena membantu menjaga suhu tetap terkendali. Anda juga bisa mandi untuk merilekskan tubuh anda. Namun, mandi mungkin bukan ide bagus. Plus, perlu untuk mengatakan, mengambil istirahat sebanyak mungkinkarena membantu tubuh melawan penyakit.

Catatan: Jangan gunakan air yang sangat dingin karena bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat.

2. Kemangi
Kemangi atau basil adalah obat yang efektif untuk menurunkan meriang. Ramuan ini sama efektifnya dengan banyaknya jenis antibiotik yang ada di pasaran. Sifat penyembuhannya akan membantu mengurangi meriang dengan sangat cepat. Rebus bersama 20 daun kemangi dan satu sendok teh jahe hancur dalam satu cangkir air, sampai larutannya dikurangi menjadi setengahnya. Tambahkan sedikit madu dan minum teh ini dua atau tiga kali sehari selama tiga hari. Buatlah teh dengan mencampur satu sendok teh kemangi dengan seperempat sendok teh dalam satu cangkir air mendidih. Aduk selama lima menit, lalu saring dan minumlah tehnya. Minumlah dua atau tiga kali sehari sampai sembuh total.

3. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel adalah obat lain yang sangat murah dan sangat efektif untuk meriang. Ini membantu mengurangi meriangdengan cepat karena asam yang ada di dalamnya membantu mengeluarkan panas dari kulit. Plus, kaya akan mineral dan membantu mengisi kembali mineral yang bisa dieliminasi dari tubuh karena meriang.

Tambahkan satu cangkir cuka ke air mandi. Rendam dalam air ini selama lima sampai 10 menit. Dalam waktu sekitar 20 menit anda akan merasakan perbedaan. Ulangi lagi saat suhu tubuh tinggi. Rendam kain lap pada campuran cuka sari apel satu bagian dan dua bagian air dingin. Lepaskan larutan berlebih dan letakkan di dahi dan perut anda. Anda bahkan bisa membungkusnya di sekitar telapak kaki anda. Setelah kain lap menjadi hangat, ganti dengan yang baru direndam dalam campuran dingin. Ulangi sesering yang dibutuhkan sampai meriang berkurang. Campur dua sendok teh cuka sari apel dan satu sendok makan madu dalam segelas air. Minumlah dua atau tiga kali sehari.

4. Bawang Putih
Sifat hangat bawang putih juga bisa menurunkan meriang tinggi dengan meningkatkan keringat. Ini juga membantu menghilangkan racun berbahaya dari tubuh dan mempercepat pemulihan. Plus, bawang putih adalah zat antijamur dan antibakteri yang membantu tubuh melawan infeksi sekaligus menangkal penyakit.

Cincang halus satu siung bawang putih dan tambahkan ke satu cangkir air panas. Aduk selama 10 menit, saring dan serap perlahan. Minum ini dua kali sehari dan Anda akan merasa jauh lebih baik keesokan harinya.

Hangatkan campuran dua siung bawang putih dan dua sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini di atas telapak kaki masing-masing, biarkan beberapa titik terbongkar. Bungkus kaki anda dengan kain kasa untuk menahan bawang putih dan biarkan dalam semalam. Bagi sebagian orang, ini bisa menghilangkan meriang hanya dalam satu malam.

Catatan:Pengobatan bawang putih tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan anak kecil.

5. Kismis

Kismis membantu tubuh melawan infeksi dan mengurangi meriang. Mereka sarat dengan fitonutrien fenolik, yang diketahui memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Juga, kismis bertindak sebagai tonik untuk tubuh anda saat anda meriang.

- Rendam 25 kismis dalam satu setengah gelas air putih selama satu jam, atau sampai kismis menjadi lembut.

-Hancurkan kismis yang direndam di air dan saring cairannya.

- Tambahkan jus ke larutan ini.

- Konsumsi ini dua kali sehari sampai meriang hilang.

6. Jahe
Jahe membantu tubuh mengeluarkan panas, yang pada gilirannya membantu mengurangi meriang. Plus, jahe adalah agen antiviral dan antibakteri alami dan membantu sistem kekebalan tubuh melawan segala jenis infeksi. Taruh dua sendok makan bubuk jahe di bathtub yang diisi air hangat dan aduk rata. Rendam dalam air ini selama 10 menit. Pat mengeringkan badanmu dan tidurlah. Tutupi dirimu sepenuhnya dengan selimut. Segera Anda akan mulai berkeringat dan meriang anda akan turun.

Catatan:Lakukan tes tempel pada lengan bawah sebelum mengambil bak mandi jahe detoksifikasi ini untuk memeriksa apakah cocok untuk anda.

Buat teh jahe dengan menambahkan satu setengah sendok teh jahe yang baru diparut ke satu cangkir air mendidih dan biarkan terjepit selama beberapa menit. Tambahkan sedikit madu dan nikmati teh ini tiga atau empat kali sehari.

Pilihan lainnya adalah mencampur satu setengah sendok teh jus jahe, satu sendok teh jus lemon dan satu sendok makan madu. Konsumsilah campuran ini tiga atau empat kali sehari sampai meriang Anda hilang.

7. Daun Mint

Sifat pendinginan mint akan membantu sistem pendingin tetap dingin dan ini pada gilirannya akan mengurangi suhu tubuh. Ini juga membantu mengurangi kelebihan panas dari tubuh. Tambahkan satu sendok makan daun mint yang hancur ke satu cangkir air panas. Aduk selama 10 menit, saring lalu tambahkan beberapa madu. Minum teh yang menenangkan ini tiga atau empat kali sehari untuk pemulihan cepat.

Rebus segenggam daun mint dalam dua cangkir air bersama dengan setengah sendok teh masing-masing bubuk lada hitam dan bubuk lada panjang dan satu sendok teh bubuk jahe. Rebus sampai air berkurang setengahnya. Saring, dan bagi solusinya menjadi tiga dosis yang sama. Minumlah tiga kali sehari sampai sembuh total.

8. Putih Telur
Anda juga bisa menggunakan putih telur untuk mengurangi suhu tubuh tinggi saat meriang. Telur putih bekerja seperti gel dingin yang bisa menyerap panas. Dalam waktu setengah jam, putih telur bisa menghilangkan meriang dari kepala ke kaki (di mana tidak banyak kerusakan pada tubuh Anda).

- Pecahkan dua atau tiga butir telur dan pisahkan kuningnya.

- Kocok telur putih sebentar.

- Rendam handuk kertas atau saputangan tipis di putih telur.

- Tempatkan kain basah di telapak kaki.

- Pakailah kaus kaki untuk menjaga agar kain putih telur tetap basah.

- Saat kain mengering dan menjadi hangat, gantilah dengan yang baru.

- Ulangi sampai meriang berkurang sampai tingkat aman.

9. Kunyit
Kunyit juga telah terbukti menjadi obat rumahan yang sangat baik untuk meriang. Senyawa kimia yang disebut kurkumin dalam kunyit mengandung khasiat antivirus, antijamur, antibakteri dan antioksidan yang kuat. Ini membantu sistem kekebalan tubuh melawan segala jenis infeksi. Ini juga akan membantu mencegah komplikasi dan mengurangi durasi meriang. Campurkan satu sendok teh kunyit dan seperempat sendok teh bubuk lada hitam ke dalam satu cangkir susu panas. Minumlah campuran ini dua kali sehari untuk menghilangkan gejala meriang.

10. Kayu Cendana
Sifat terapeutik dan pendinginan dari kayu cendana dapat membantu menurunkan meriang dan pembengkakan. Padahal, cendana akan membantu mendinginkan dan menenangkan seluruh tubuh dan pikiran. Ini juga akan membantu menyingkirkan sakit kepala, salah satu gejala umum yang terkait dengan meriang.

- Campurkan satu sendok teh bubuk cendana dan sedikit air untuk membuat pasta kental.

- Oleskan pasta ini di dahi.

- Ulangi beberapa kali sehari sampai anda merasa lega.

Catatan:Pastikan menggunakan kayu cendana berkualitas baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

11. Tips Tambahan

- Minum banyak air putih dan jus jeruk untuk mencegah dehidrasi.

- Jangan gunakan air dingin atau es di badan.

- Ambil tempat tidur selama satu atau dua hari.

- Konsumsilah banyak sayuran berdaun hijau.

- Hindari mengkonsumsi makanan berpendingin.

- Hindari merokok dan juga minuman beralkohol.

12. Teh Yarrow (Daun Seribu)
Sajikan secangkir teh yarrow. Mungkin anda belum terlalu familiar. Akan tetapi, ramuan ini membuka pori-pori anda dan memicu keringat yang dikatakan bisa menyebabkan meriang menjelang akhir hayatnya. Rendam satu sendok makan ramuan di secangkir air rebusan segar selama 10 menit. Biarkan dingin. Minumlah secangkir atau dua gelas sampai anda mulai berkeringat.

• Ramuan lain, elderflower, juga membantu Anda berkeringat. Dan itu terjadi baik untuk masalah lain yang terkait dengan flu dan pilek, seperti kelebihan produksi lendir. Untuk membuat teh elderflower, campurkan dua sendok teh ramuan di secangkir air matang dan biarkan sampai 15 menit. Saring bunga elder. Minum tiga kali sehari asalkan meriang terus berlanjut.

• Minum secangkir teh jahe panas, yang juga menyebabkan berkeringat. Untuk membuat teh, tempelkan setengah sendok teh cincang jahe dalam 1 cangkir air rebus. Saring, lalu minum.

13. Makan Makanan Pedas
Taburi cabe rawit pada makanan anda saat anda meriang. Salah satu komponen utamanya adalah capsaicin, bahan pedas yang mengkhawatirkan yang ditemukan di paprika. Cabe rawit membuat anda berkeringat dan juga mendorong sirkulasi darah yang cepat.

14. Kaus Kaki Basah
Cobalah perawatan kaus kaki basah, obat tradisional yang populer untuk meriang. Pertama hangatkan kaki anda dengan air panas. Kemudian rendam sepasang kaus kaki katun tipis dengan air dingin, peras, dan pasangkan sebelum tidur. Letakkan sepasang kaus kaki wol kering di atas yang basah. Pendekatan ini membantu mengurangi meriang dengan menarik darah ke kaki, yang secara dramatis meningkatkan sirkulasi darah.

15. Banyak Minum Air Putih
Bila anda meriang dan mudah mengalami dehidrasi. Minum 8 sampai 12 gelas air putih sehari. Minuman olahraga seperti Gatorade juga bisa membantu. Ini tidak hanya menggantikan cairan yang hilang akibat dehidrasi, tapi juga kehilangan mineral.

16. Jus Jeruk dan Anggur Dingin
Jus jeruk dan jus buah lainnya yang kaya vitamin C adalah pilihan yang baik, karena vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh Anda dalam melawan infeksi. Selain jeruk, anggur dingin memberikan rehidrasi pada tubuh dan efek yang menenangkan.

17. Pakaian yang Nyaman Menentukan Hilangnya Rasa Meriang
Pakailah pakaian yang nyaman. Kenakan pakaian longgar dan nyaman saat anda meriang untuk membantu tubuh Anda rileks dan memperbaiki sirkulasi udara untuk membantu anda tetap dingin. Keluarkan kelebihan pakaian atau selimut yang bisa menjebak panas dan membuat meriang bertahan lebih lama. Cobalah satu lapis pakaian ringan, dan satu selimut atau lembaran ringan untuk tidur.

18. Menurunkan Suhu Ruangan
Turunkan suhu kamar. Temperatur tinggi bisa membuat meriang bertahan lebih lama dan menyebabkan keringat berlebihan yang bisa menyebabkan dehidrasi. Suhu ruangan idealnya 73-77 ℉. Jika ruangan panas atau pengap, kipas angin bisa membantu.

19. Banyak Istirahat
Beristirahatlah yang banyak. Cukup istirahat membantu tubuh anda pulih lebih cepat dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hindari terlalu banyak bergerak. Luangkan sedikit waktu untuk tidur lebih lama daripada yang biasa anda lakukan jika memungkinkan.

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi hormon stres, membuat anda berisiko tinggi terhadap penyakit kronis, dan menurunkan harapan hidup.

20. Minyak Tea Tree
Tinjauan studi tentang minyak pohon teh menunjukkan bahwa ini adalah pengobatan antiviral yang efektif. Ini juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dan mencegah pembentukan plak.

Cara menggunakan: Gunakan topikal dengan menambahkan minyak pohon teh encer ke minuman anda sampai anda benar-benar sembuh.

Konsumsi Apapun yang Mengandung Probiotik

Probiotik sangat membantu dalam penyembuhan usus, bahkan saat sakit, karena membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Tahukah Anda bahwa 80 persen keseluruhan sistem kekebalan tubuh anda berada di saluran pencernaan anda? Bila anda meriang, itu adalah sistem kekebalan tubuh anda yang terganggu. Probiotik dapat membantu mengurangi risiko penyakit menular akut tertentu dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Mengkonsumsi beberapa kombucha atau minum beberapa sup miso bisa membantu saat anda sakit meriang.

Baca Juga : 

Itulah 20 cara mengobati badan meriang secaraalami dan aman. Anda bisa mempraktikkan cara-cara tersebut di rumah. Tentunya cara-cara yang kami berikan lebih murah, mudah, dan aman. Namun, harus selalu anda ingat bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Maka, anda harus lebih menjaga agar kesehatan anda tidak sampai terganggu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Created By : Alfin Fatkurochman

Tag : obat meriang panas dingin,obat badan meriang dan pegal,obat meriang di warung,penyebab meriang,obat meriang untuk dewasa,obat tradisional meriang dan sakit kepala,obat meriang dan sakit kepala,obat meriang di apotik
20 Cara Mengobati Badan Meriang Secara Alami dan Aman 4.5 5 Ahmad Craft Minggu, 24 September 2017 Carakupunya |  20 Cara Mengobati Badan Meriang Secara Alami dan Aman -  Meriang sangat memengaruhi aktifitas kita sehari-hari. Apabila tub...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top